Informasi dan Solusi.

Senin, 27 Oktober 2014

Fungsi Perhitungan pada MS - Excel 2007

Tidak ada komentar :
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik).
Fungsi  dari  Microsoft  Excel  adalah  untuk  melakukan  operasi  perhitungan  serta  dapat
mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.


FUNGSI  PERHITUNGAN

1.  Operator Matematika 
Operator matematika yang digunakan adalah :
Gbr. 06

2.  Fungsi Sum(.......)
Fungsi  Sum  digunakan  untuk  melakukan  penjumlahan  sekumpulan  data  pada  suatu
range. Bentuk penulisannya :   = SUM(E4:E9) yang artinya penjumlahan dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =SUM(E1;T3;G4:B8) yang artinya menjumlahkan cell E1, T3, G4, dan B8


3.  Fungsi Product(…….)
Fungsi  Product  digunakan  untuk  melakukan  perkalian  sekumpulan  data  pada  suatu
range. Bentuk penulisannya :       =PRODUCT(E4:E9)  yang artinya perkalian dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =PRODUCT(E1;T3;G4:B8) yang artinya mengalikan cell E1, T3, G4, dan B8


4.  Fungsi Max(.......)
Fungsi  Max  digunakan  untuk  mencari  nilai  tertinggi  dari  sekumpulan  data  (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MAX(E4:E9) yang artinya mencari nilai tertinggi dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =MAX(E1;T3;G4:B8) yang artinya mencari nilai tertinggi dari cell E1, T3, G4, dan B8




5.  Fungsi Min(.......)
Fungsi  Min  digunakan  untuk  mencari  nilai  terendah  dari  sekumpulan  data  (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MIN(E4:E9) yang artinya mencari nilai terendah dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =MIN(E1;T3;G4:B8) yang artinya mencari nilai terendah dari cell E1, T3, G4, dan B8

6.  Fungsi Count(……)
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.
Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(E4:E9) yang artinya menghitung jumlah data dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =COUNT(E1;T3;G4:B8) yang artinya menghitung jumlah data dari cell E1, T3, G4, dan B8  

7.  Fungsi Round(.......)
Fungsi  Round  digunakan  untuk  membulatkan  bilangan  ke  digit  tertentu.  Bentuk
penulisannya adalah :  =ROUND(E4:E9) yang artinya membulatkan bilangan ke digit tertentu dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =ROUND(E1;T3;G4:B8) yang artinya membulatkan bilangan ke digit tertentu dari cell E1, T3, G4, dan B8 
                         
8.  Fungsi Sqrt(…….)
Fungsi Sqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.
Bentuk penulisannya adalah : =SQRT(E4:E9) yang artinya menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =Sqrt(E1;T3;G4:B8) yang artinya menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan dari cell E1, T3, G4, dan B8 

9.  Fungsi Power(……)
Fungsi  Power  digunakan  untuk  menghasilkan  suatu  bilangan  yang  dipangkatkan.
Bentuk penulisannya adalah : = Power(E4:E9) yang artinya menghasilkan suatu  bilangan  yang  dipangkatkan dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =Power(E1;T3;G4:B8) yang artinya menghasilkan suatu  bilangan  yang  dipangkatkan  dari cell E1, T3, G4, dan B8 


10. Fungsi Sumsq(…….)
Fungsi  Sumsq  digunakan  untuk  mempangkatduakan  angka  dalam  argument  dan
memberikan  jumlah  dari  pemangkatan.
Bentuk  penulisannya  adalah    : =SUMSQ(E4:E9) yang artinya mempangkatduakan  angka  dalam  argument  dan memberikan  jumlah  dari  pemangkatan dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =SUMSQ(E1;T3;G4:B8) yang artinya mempangkatduakan  angka  dalam  argument  dan memberikan  jumlah  dari  pemangkatan dari cell E1, T3, G4, dan B8 


11. Fungsi Average(……)
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata.

Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(E4:E9) yang artinya menghitung nilai-nilai rata-rata dari cell E4 sampai E9  atau dengan memilih cell yang berbeda-beda dengan format =Average(E1;T3;G4:B8) yang artinya menghitung nilai-nilai rata-rata dari cell E1, T3, G4, dan B8  



Bila ada yang kurang bisa komentar
Semoga menambah pengetahuanmu (:
Jangan lupa g+1 dan komentarnya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar